You are currently viewing Scout Competition of MAN 2 Kuningan (SCM) ke XIII Tahun 2024

Gerakan Pramuka Pangkalan MAN 2 Kuningan Gudep 10.149 – 10.150 Ambalan Syekh Maulana Arifin dan Cut Mutia sukses menggelar Scout Competition of MAN 2 Kuningan (SCM) ke XIII Tahun 2024 pada hari Sabtu (9/3/2024) di kampus MAN 2 Kuningan. Yang berbeda pada event kali ini adalah dengan berpartisipasinya 32 pangkalan tingkat MTs/SMP se- Kabupaten Kuningan meningkat dari tahun sebelumnya.

Sebelum event ini  dimulai, Prosesi Apel Pembukaan yang dipimpin oleh Kepala MAN 2 Kuningan selaku Kamabigus H. Winarto, S.Pd., M.Pd., Event ini dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta SCM XIII yang dimaknai bahwa kegiatan telah siap dimulai. 

Dalam sambutannya, Winarto mengucapkan selamat berkompetisi dan berpesan agar tetap menjaga sportifitas dalam meraih prestasi. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang kompetisi Pramuka bergengsi sebagai momen unjuk gigi, menjaga gengsi dan meraih prestasi bagi para peserta kompetisi. 

“Kegiatan pramuka sangat positif terutama untuk anak-anak remaja saat ini, pramuka selain memupuk jiwa patriot juga dapat melatih berpikir kreatif, kritis dan membentuk karakter serta sikap sebagai pemuda pemudi yang tangguh dan mandiri,” ungkapnya. 

Hal ini juga diperkuat oleh Asep Wahyudin, S.Pd. selaku pembina pramuka MAN 2 Kuningan. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjunjung tinggi sportifitas peserta dalam setiap Kompetisi, sehingga menurutnya kegiatan ini sangat berdampak baik bagi perkembangan soft skill siswa MTs/SMP khususnya sebagai bentuk pembelajaran di sekolah.

“Kegiatan lomba pramuka ini sangat positif menurut saya. Karena kegiatan kepramukaan sendiri sebagai pendamping atau bentuk pembelajaran lain bagi sekolah sehingga bisa menjadikan anak sekolah memiliki jiwa sportifitas dalam berlomba. Saya sebagai Pembina merasa bangga karena peserta kompetisi begitu banyak mencapai 32 Pangkalan dari MTs/SMP dan untuk tahun berikutnya kami berharap kegiatan SCM ini dapat diikuti oleh seluruh MTs/SMP se Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Menurut pembina lainnya, Alfan Falah, S.Pd. menuturkan bahwa untuk perlombaan yang dihadirkan pada SCM XIII tahun 2024 antara lain: Lomba Scouting of Track Putra/Putri, Lomba Cepat Tanggap Pramuka (CTP), Pionering Putra/Putri, Scouting Skill, Lomba Yel – yel, Lomba Best Sosmed kategori Photo Terbaik, Caption Terbaik, Like Terbanyak dan Kategori Pangkalan Terfavorit, Pangkalan Tergiat, Kostum Terunik dan Peserta terbanyak.

Ia menambahkan bahwa menyiapkan event ini memang diperlukan persiapan yang matang hingga sesuai dengan rencana yang telah disusun. Ia juga berharap kegiatan SCM yang diselenggarakan rutin tiap tahunnya ini terus mendapatkan kepercayaan dari para peserta untuk mengikuti ajang perlombaan tersebut guna mengasah bakat dan minat siswa-siswi MTs/SMP dalam pendidikan kepramukaan.